Tips Melatih Puasa Pada Anak Yang Bisa Bunda Terapkan. Yuk Baca Tipsnya






Tips Melatih Puasa Pada Anak - Berpuasa adalah merupakan sebuah bentuk ibadah bagi kaum muslim yang wajib dijalankan. Puasa tidak hanya untuk orang dewasa saja melainkan juga harus dilatih pada anak-anak. Bagi para orang tua tentu harus paham betul bagaimana cara memberikan pemahaman yang tepat untuk anak-anak mereka yang masih kecil untuk mau ikut menjalankan ibadah puasa bersama. Tetapi mungkin banyak dari para orang tua yang masih kebingungan bagaimana mengajarkan dan melatih anak mereka untuk ikut berpuasa.

Pada kesempatan kali ini Omah Tips ingin membagikan sedikit tips melatih puasa pada anak yang bisa bunda terapkan agar sang buah hati mau ikut menjalankan ibadah puasa dengan hati gembira dan senang. Ingin tahu apa saja tips nya? Berikut beberapa ulasannya.

TIPS MELATIH PUASA PADA ANAK


Untuk melatih anak berpuasa memang tidak mudah, para orang tua harus mengetahui cara yang tepat supaya anak memperoleh pemahaman yang tepat mengenai makna ibadah puasa. Berikut ini kami berikan tips melatih puasa pada anak yang bisa bunda terapkan ya :

Tips Melatih Puasa Pada Anak
Tips Melatih Puasa Pada Anak

Tips Melatih Puasa Pada Anak Dengan Bertahap


Tips yang pertama untuk melatih anak berpuasa yaitu dengan melakukannya secara bertahap. Bunda bisa memberikannya waktu berpuasa misalnya hanya untuk setengah hari sehingga si kecil bisa merasakan ikut berpuasa bersama dan jika si kecil sudah terbiasa maka dilanjutkan dengan jangka waktu yang lebih lama.

Tips Melatih Puasa Pada Anak
Melatih Puasa Agar Anak Mau Berpuasa

Jangan lupa untuk selalu memberikan pujian dan menyiapkan makanan kesukaan sang buah hati sebagai reward atau hadiah atas keberhasilannya menjalankan puasa pertamanya. Bunda juga harus sedikit demi sedikit membertahukan makna bulan puasa dengan cara yang menyenangkan dan mudah dimengerti si kecil.

Tips Melatih Puasa Pada Anak Dengan Memberikan Contoh Yang Baik Untuk Anak


Anda sebagai orang tua pun patut memberikan contoh yang baik untuk anak saat berpuasa. Misalnya saat berpuasa Anda tetap bisa beraktifitas seperti biasanya dengan gembira dan riang hati, tidak malah justru lemah, letih bahkan lesu. Sehingga anak pun akan ikut termotivasi dan menjalankan ibadah puasanya pun dengan senang hati dan tidak lesu dan malas.

Tips Melatih Puasa Pada Anak
Tips Melatih Puasa Pada Anak

Tips Melatih Puasa Pada Anak Dengan Tetap Memberhatikan Asupan Gizi Mereka


Ini juga menjadi poin penting untuk Anda para orang tua yang sedang melatih si kecil untuk berpuasa. Walaupun sedang berpuasa bunda harus tetap memberhatikan asupan gizi yang akan mereka makan nanti ketika waktu berbuka ataupun waktu sahur. 

Tips Melatih Puasa Pada Anak
Tips Melatih Anak Untuk Ikut Berpuasa

Jangan sampai si kecil kekurangan cairan dan malah jatuh sakit. Apabila si kecil menunjukan gejala yang tidak baik seperti pucat, pusing dan tidak bertenaga maka bunda bisa menyuruhnya untuk berbuka sebelum waktunya.

Tips Melatih Puasa Pada Anak Dengan Mengalihkan Perhatian Mereka


Tips yang satu ini bisa bunda lakukan saat anak berpuasa. Mereka biasanya akan terfokus pada makanan dan waktu berbuka. Maka dari itu bunda bisa mengalihkan perhatian mereka agar tidak terfokus pada makanan dan jam berbuka saja. 

Tips Melatih Puasa Pada Anak
Melatih Anak Untuk erpuasa
 
Lakukan kegiatan bersama si kecil dengan penuh kegembiraan misalnya bermain tebak gambar, atau mewarnai, atau Anda bisa belajar bersama di rumah. Sehingga si kecil menjadi senang dan tidak terasa waktu berbuka telah tiba.

Baca juga :


Demikian 4 tips melatih puasa pada anak yang bisa Anda terapkan supaya anak senang dan mau menjalankan ibadah puasa bersama. Semoga dapat membantu Anda sekalian yang memang sedang kebingungan mencari tips dan trik mengajak anak berpuasa. Terimakasih sudah membaca.

Tips Melatih Puasa Pada Anak Yang Bisa Bunda Terapkan. Yuk Baca Tipsnya Tips Melatih Puasa Pada Anak Yang Bisa Bunda Terapkan. Yuk Baca Tipsnya Reviewed by Jeng Admin on 3:01 PM Rating: 5

1 comment:

Watch movie free said...

Sangat bermanfaat makasih min :)

Powered by Blogger.