Tips Mencegah Sembelit






Mungkin diantara Anda sekalian pernah mengalami yang namanya sembelit. Sembelit merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh kurangnya serat dalam tubuh Anda, sehingga Anda kesulitan untuk buang air besar atau sembelit. Saya ingin berbagi sedikit pengalaman yang pernah Saya alami. Dulu pola makan Saya sangatlah tidak teratur dan terjaga, Saya tidak suka makan suyur dan jarang sekali makan buah mungkin sebulan sekali baru makan buah itupun jika ada, jika tidak Saya tidak mau beli buah atau makan sayur. Nah, beberapa tahun terlewati dengan tidak ada gangguan. Namun, saat saya menginjak bangku kuliah, makanan Saya makin tidak teratur dan di tahun ketiga saya dibangku kulian saya mengalami yang namanya sembelit itu, sembelitnya sampai menyebabkan luka di anus Saya sehingga saat Saya buang air besar mengeluarkan darah. Kemudian Saya priksa ke RS dan dokter mengatakan Saya kurang serat, dan serat itu berasal dari sayur dan buah yang Saya memang tidak pernah makan makanan itu sehari-hari. Apakah Anda pernah mengalami hal yang sama dengan Saya? Jika pernah, Anda sangat tepat membaca artikel ini. Pada kali ini Omah Tips akan membahas mengenai bagaimana mengatasi dan mencegah sembelit.

Tips yang pertama untuk mencegah sembelit ialah perbanyak makan buah. Buah merupakan kebutuhan wajib yang perlu Anda makan jika Anda tidak ingin sembelit. Buah mengandung banyak serat dan vitamin yang dapat membantu untuk menangkal berbagai macam penyaki pada tubuh Anda. Buah yang baik untuk mencegah sembelit ialah pepaya, buah naga. Namun pada dasarnya semua buah sangat baik untuk kebutuhan serat Anda. Namun jangan yang membuat perut Anda panas, seperti durian, kelengkeng, anggur, dll.

Tips kedua ialah perbanyak pula makan sayuran. Selain buah, sayur juga merupakan bahan makanan yang kaya sekali akan serat, sehingga sangat baik pula untuk mencegah atau mengatasi sembelit. Perbanyaklah makan sayur hijau, seperti kangkung, sawi hijau, brokoli dan lainnya. Selain dapat mencegah sembelit, banyak makan sayur juga sangat baik untuk kesehatan Anda sekalian.

Tips ketiga ialah lakukanlah olah raga minimal setengah jam setiap harinya. Lakukanlah olah raga sehingga tubuh Anda mengeluarkan keringat dan seluruh badan terasa segar. Yang penting ialah berkeringat, apapun olahraganya mau lari, atau senam atau renang, jika berkeringat dan menggerakan badan itu adalah cara yang sangat baik untuk mencegah sembelit

Tips keempat ialah Perbanyak minum air putih, Air putih terbukti sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Jangan lupa untuk selalu minum air putih dan jangan teralalu banyak minum yang bersoda.

Demikian beberapa tips yang bisa Omah Tips berikan untuk mencegah sembelit, beberapa tips tersebut sudah Saya praktekan sendiri, dan terbukti ampuh untuk menyembuhkan dan mencegah sembelit. Semoga tips ini dapat bermanfaat pula bagi Anda sekalian. Terimakasih.

Tips Mencegah Sembelit Tips Mencegah Sembelit Reviewed by Jeng Admin on 7:37 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.