Tips Mencegah Bau Mulut






Bau mulut ialah hal yang cukup mengganggu bagi sebagian besar orang. Banyak tips mencegah bau mulut, hal ini akan dipaparkan pada kesempatan kali ini. Pertama-tama kita harus mengetahui hal-hal penyebab bau mulut, diantaranya ialah merokok, sering minum-minuman yang beralkohol, tidak sarapan juga bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut, selain itu bisa dikarenakan sariawan, dan kurangnya kesadaran untuk kebersihan mulut dan gigi kita dengan kata lain jarang menggosok gigi. Hal-hal tersebut dapat mengakibatkan mulut bau. Berikut ini beberapa tips mencegah bau mulut yang bisa kita lakukan dan terapkan :

Tips mencegah bau mulut yang pertama ialah menjaga kebersihan mulut dengan gosok gigi secara teratur. Menggosok gigi secara teratur merupakan hal yang wajib jika kita ingin mencegah atau menghilangkan bau mulut. Dengan menggosok gigi, gigi kita akan bersih dari berbagai kotoran dan bakteri pembusuk yang bersarang dimulut dan gigi kita. maka dari itu dengan menggosok gigi secara rutin akan menjadikan gigi kita sehat dan juga bisa mencegah bau mulut.

Cara kedua yang perlu dilakukan untuk mencegah bau mulut ialah perbanyak makan buah-buahan. Bau mulut juga disebabkan karena mulut kita kering dengan memperbanyak makan buah maka produksi air liur kita juga akan meningkat sehingga mulut tidak akan menjadi kering dan berbau dengan meningkatnya air liur ini juga bisa membunuh bakteri-bakteri buruk yang ada dimulut, selain itu buah juga mampu mengangkat sisa-sisa makanan yang tertinggal dimulut kita, sehingga kebiasaan makan buah setelah makan berat ialah hal yang baik untuk menghilangkan aroma yang tertinggal oleh makanan tersebut.

Hal ketiga yang dapat Anda lakukan untuk mencegah bau mulut ialah menghindari makanan dengan bau menyengat. Hindari makanan seperti petai, jengkol, buah durian, dan makanan berbau menyengat lainnya. Makanan tersebut dapat meninggalkan bau pada mulut Anda dalam jangka waktu yang cukup lama, segeralah menggosok gigi Anda untuk segera menghilangkan baunya. 

Cara keempat untuk mencegah bau mulut ialah berkumurlah dengan daun sirih. Ambil beberapa helai daun sirih dan iris menjadi beberapa bagian, kemudian rebus irisan-irisan daun sirih tadi dan jika sudah mendidih, tuangkan di dalam gelas dan tunggu hingga agak dingin, kemudian berkumuralh dengan air daun sirih tersebut. Hal tersebut akan menyebabkan mulut terasa lebih segar dan hangat, karena daun sirih ini merupakan pencuci mulut alami. Selain itu kita juga dapat menggunakan bahan-bahan lainnya seperti kayu putih, kayu manis, daun mint, dan rosmary yang dapat pula mencegah bau mulut.

Tips mencegah bau mulut yang kelima ialah mengurangi mengkonsumsi rokok dan minuman beralkohol. Selain tidak sehat untuk tubuh kita, mengkonsumsi rokok dan minuman beralkohol ini juga bisa meningkatkan perkembangan bakteri jahat didalam mulut, hal ini akan mengakibatkan mulut menjadi bau dan kotor. 

Tips mencegah bau mulut yang terakhir ialah mengunyah permen karet, berkumur dengan mouth wash antiseptic. Dengan mengunyah permen karet, mulut Anda akan terus menghasilkan air liur yang dapat dipakai untuk membunuh bakteri-bakteri didalam mulut kita. Sama halnya dengan mengunyah permen karet, berkumur menggunakan mouth wash antiseptic juga bermanfaat,terlebih saat ini mouth wash seperti itu banyak sekali kita jumpai di toko-toko. 

Demikianlah beberapa tips mencegah bau mulut yang dapat saya bagikan dengan kalian semuanya.Semoga bahasan kali ini bermanfaat untuk kita, menambah pengetahuan dan menghilangkan permasalahan kalian semua. Terimakasih.

Tips Mencegah Bau Mulut Tips Mencegah Bau Mulut Reviewed by Jeng Admin on 1:29 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.