Tips Merawat Laptop Notebook Anda Agar Awet






Tips cara merawat laptop netbook notebook acer toshiba lenovo apple asus agar awet dan tahan lama tidak mudah rusak
Banyak pakar mengatakan bahwa masa kejayaan laptop dan variannya seperti notebook dan netbook akan segera berakhir dengan munculnya PC tablet. Namun tidak dapat dipungkiri pula bahwa masih banyak orang khususnya di Indonesia, yang menggunakan laptop dan notebook dalam kehidupan sehari-hari baik untuk hiburan, belajar, bahkan sebagai device utama sebagai sumber penghasilan mereka. Mengingat di negeri kita laptop, notebook, dan netbook masih diminati, maka kali ini Omah Tips akan memberikan ulasan lengkap mengenai cara merawat laptop Anda agar tetap awet, dan tentunya agar laptop Anda selalu dalam keadaan prima untuk dapat menemani dan menunjang aktivitas Anda. Simak tips merawat laptop notebook berikut ini ya...

Gunakan laptop ditempat yang sesuai. Jangan mengoperasikan laptop, notebook, ataupun netbook kesayangan Anda dekat dengan makanan atau minuman. Sewaktu-waktu laptop Anda dapat terkena tumpahan makanan atau minuman. Biasakan pula untuk mengoperasikan laptop ditempat yang datar dan psatikan lubang ventilasi laptop tidak tertutup. Jangan bermain laptop atau netbook di atas kasur, karena selain tidak rata, panas yang dihasilkan laptop akan sulit keluar dari body cashing laptop. Jangan pula bermain laptop dilantai, karena laptop dapat saja terinjak. Hindari meletakan dan mengoperasikan laptop dan notebook Anda di dekat sumber medan magnet seperti TV, speaker active, HP, dll. Jangan meninggalkan laptop sembarang tempat, terlebih ditempat umum. Hindari juga menggunakan laptop dibawah sinar matahari langsung. Ingatlah bahwa melakukan perawatan dan pencegahan selalu lebih baik.

Rawatlah baterai laptop Anda, pastikan colokan adaptor tepat menancap pada stop kontak. Jangan gunakan stop kontak yang lubangnya sudah kendur karena arus listrik yang diterima laptop akan menjadi putus nyambung. Perhatikan pula, jangan mencharge laptop secara berlebihan. Jangan biasakan menggunakan notebook dengan melepas baterai, maksudnya laptop dinyalakan langsung dengan aliran listrik dari adaptor tanpa melalui baterai terlebih dahulu. Kebiasaan ini sangat rentan merusak komponen laptop karena tegangan listrik yang tidak stabil langsung masuk ke rangkaian dalam laptop. Saya adalah salah satu korban keteledoran ini, motherboard laptop saya jebol. Sebelum menghidupkan laptop, pastikan baterai laptop memiliki daya yang cukup.

Jangan senang memindah-mindahkan laptop kesayangan Anda saat sedang dioperasikan ya. Jangan menyentuh layar LCD dengan benda yang keras, bahkan bila perlu tambahkan pelindung layar atau screen protector untuk mencegah dari goresan. Bila perlu tambahkan pula pelindung keyboard untuk mencegah debu, kotoran, mapun air masuk ke dalam laptop. Jika Anda akan menggunakan laptop dalam waktu yang lama, pastikan gunakan kipas pendingin untuk membantu menjaga suhu laptop Anda. Rapikan kabel-kabel yang digunakan saat menggunakan laptop agar tidak kusut dan tidak menyandung orang yang lewat disekitar Anda. Saat sedang dioperasikan, jangan sembarangan mendownload apalagi meng-install software dari internet yang tidak jelas asalnya. Untuk keamanan data-data Anda, pastikan antivirus pada laptop Anda selalu terupdate.

Matikan laptop saat tidak digunakan, karena setiap perangkat elektronik memiliki umur pakai. Setelah selesai memakai laptop, perlu diingat untuk jangan langsung memasukkan laptop ke dalam tas, karena panas yang telah dihasilkan laptop akan tertahan didalam tas. Jaga kebersihan laptop dengan membersihkannya secara rutin. Jangan menaruh benda berat diatas laptop Anda. Jangan masukan laptop ke dalam tas yang telah penuh sesak, sebaiknya gunakan tas laptop dengan ukuran yang sesuai dengan laptop Anda agar laptop lebih aman. Terakhir, jika terjadi masalah dengan laptop kesayangan Anda jangan asal main bongkar sendiri. Anda dapat menyerahkan masalah tersebut pada ahlinya dengan menghubungi service center terdekat sesuai merk laptop Anda. Demikianlah tips mudah merawat laptop Anda. Punya pengalaman seru dengan laptop Anda? Mari bagikan cerita Anda dengan aktif berkomentar.

Tips Merawat Laptop Notebook Anda Agar Awet Tips Merawat Laptop Notebook Anda Agar Awet Reviewed by Unknown on 2:26 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.